17 Mei 2017 21:11 wib
  • pendidikan

MEDAN – Sekitar 70 mahasiswa dari sejumlah universitas di Kota Medan, ikut serta dalam Pelatihan Jurnalistik IKOM 2017, yang digelar Program Studi Ilmu Komunikasi (IKOM) Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), di Aula FIS, Rabu (17/5/2017).

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Dekan FIS UINSU, Prof. Dr. H. Ahmad Qorib, MA. Turut hadir dalam acara pembukaan Wakil Dekan I FIS UINSU, Dr. Faisal Hamdani, MA dan Sekretaris Prodi Ilmu Perpustakaan FIS UINSU, Abdul Karim Batubara, MA. Dalam sambutannya, Dekan FIS mengatakan, pelatihan jurnalistik yang digelar Prodi IKOM ini merupakan bagian dari upaya pengelola prodi untuk mendorong kreatifitas mahasiswa.

“Harapannya, pelatihan ini juga bisa membangun kompetensi mahasiswa di masa depan. Sehingga setelah lulus nantinya, bisa langsung beradaptasi dengan dunia kerja yang terbuka lebar di bidang jurnalistik,” kata Dekan FIS.

Dekan juga menyampaikan, agar mahasiswa dan seluruh peserta yang hadir mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik, agar pengetahuan yang didapat bisa bermanfaat. Dalam pelatihan kali ini, panitia pelaksana mengundang empat narasumber yang kompeten di bidangnya. Sesuai dengan fokus pelatihan, adalah menulis features, artikel dan opini di media massa.

Narasumber yang dihadirkan yakni Abdul Rasyid, MA, (Dosen Jurnalistik, anggota PWI), Lia Anggia Nasution, M.I.Kom (jurnalis Koran SINDO Medan). Dua narasumber ini membahas soal jurnalisme bagi mahasiswa dan praktik penulisan features yang menarik bagi pembaca. Dua narasumber lainnya adalah Dr. Shohibul Ansor Siregar (Dosen UMSU, kolumnis tetap Harian Waspada) dan terakhir, Sugiatmo, MA (Redaktur Harian Analisa). Diskusi dalam pelatihan dipandu dua moderator yang juga Dosen FIS UINSU, Indira Fatra Deni, MA dan Susanti Hasibuan, MA.Hum.

Para peserta yang hadir sebagai peserta selain mahasiswa Prodi IKOM FIS UINSU dan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSU, pelatihan ini juga diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari IKOM FISIP Universitas Medan Area, IKOM FISIP Universitas Dharmawangsa dan juga mahasiswa dari Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam STAI As-Sunnah, Tanjungmorawa.

Ketua Prodi IKOM Dr Hasan Sazali, MA, menyebutkan, kegiatan ini merupakan hasil kerja semua pihak dan semangat  dari panitia serta adik-adik mahasiswa. “Terimakasih  atas  segala  bantuannya. Terimakasih  pimpinan  FIS  dan seluruh staf, yang  sudah  membantu  mensukseskan  acara ini,” katanya didamping Sekretaris Prodi IKOM, Dr Nursapia Harahap, MA.(min/fr)