15 Agustus 2018 09:59 wib

Medan - Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) melalui Program Studi Ilmu Komunikasi (IKOM) dan Program Studi Sosiologi Agama (SA) memprakarsai kegiatan Academic Writing Workshop bagi dosen dan peneliti yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Sumatera Utara, di Aula Pusbinsa UINSU, Jalan Iskandar Medan, Selasa (14/08/18).

Tampil sebagai pembicara dari Indonesia Concortium of Religious Studies (ICRS), Dicky Sofjan MPP MA PhD. Academic Writing Workshop tersebut dibuka Wakil Dekan I FIS UINSU, Dr Muhammad Dalimunte M.Hum.

Muhammad mengajak seluruh peserta serius mendalami tulis menulis khususnya bidang menulis jurnal internasional. "Saya yakin nara sumber kali ini pas di bidangnya. Saya mengajak kita semua untuk serius," kata Muhammad.

Ia juga berharap melalui Academic Writing Workshop ini peserta yang ikut pelatihan mampu meningkatkan keterampilan akademisi dalam mendesain penelitian dan membangun jaringan penelitian.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi ,Dr Hasan Sazali MA, mengatakan,academic writing workshop ini setidaknya memberikan pengetahuan yang luas terkait peningkatan keterampilan akademisi dalam teknis penulisan abstrak dan full paper, terutama dalam penulisan jurnal-jurnal internasional.

"Bagi peserta yang belum terpublikasi jurnalnya, kegiatan ini saya kira sangat tepat. Bahkan bagi doktor yang mempersiapkan jabatan profesornya juga sangat pas," kata Hasan Sazali.

Dicky Sofjan dalam pemaparannya banyak menyampaikan pengalamannya dalam mempublikasikan jurnal internasional miliknya. Sejumlah publikasi internasional miliknya diterima di sejumlah negara, baik dari Eropa atau Amerika. Fokus penelitian yang dipublikan mayoritas jurnal-jurnal keagamaan.